moodyy and have a dual personality

Rabu, 02 Mei 2012

Review Film 'The Social Network' dan Kaitannya dengan Pemasaran


Review Film 'The Social Network'



Film The Social Network ini diperankan oleh Jesse Eisenberg (Mark Zuckerberg/Pendiri situs Facebook), artis cantik rooney mara (Erica Albright) dan bintang terkenal Justin Timberlake (Sean Parker/pencipta Napster)

Diadaptasi dari novel non-fiksi karya Ben Mezrich berjudul The Accidental Billionaires yang diarahkan 
oleh nominasi Academy Award, David Fincher, The Social Network mengisahkan perjalanan seorang Mark Zuckerberg menciptakan Facebook yang kini menjadi situs jejaring sosial paling digemari seantero jagad.


Berawal dari sebuah kencan yang buruk bersama Erica (Rooney Mara), Mark (Jesse Eisenberg) mencoba melampiaskan kekesalannya dengan membuat sebuah situs facemash.com yang isinya membandingkan dua orang wanita untuk dipilih sesuai selera bagi mereka yang masuk ke situs ini.

Selain menarik perhatian pihak Harvard, keisengan Mark dan kawan-kawannya ini ternyata berhasil menarik perhatian saudara kembar Winklevoss bersaudara (Armie Hammer) yang ingin membuat sebuah situs harvardconection.com. Awalnya Mark sempat menyindir ide Winklevoss bersaudara yang menurutnya tidak berbeda dengan friendster dan myspace. tapi tawaran kerjasama akhirnya diterima Mark.

Namun seiring perjalanannya, ternyata Mark mengembangkan sendiri pikirannya kedalam situs yang awalnya ia beri nama thefacebook. Tanpa diketahui Winklevoss bersaudara, Mark berhasil meluncurkan thefacebook dikalangan mahasiswa Harvard. Dengan ide-ide yang selalu berkembang menjadikan thefacebook lebih dinamis dan diterima oleh para pengguna internet.

The Social Network memang bercerita bagaimana perjalanan seorang Mark Zuckerberg menciptakan Facebook. Namun David Fincher juga menampilkan beberapa konflik yang menarik selama 120 menit film berlangsung. Konflik antara Mark dan Winklevoss bersaudara yang menuntut facebook sebagai ide mereka. konflik antara Mark dan Eduardo Saverin (Andrew Garfield) kawan sekaligus lawan dalam memperebutkan pengakuan di dalam pengembangan Facebook. Ditambah kisah Mark dan Erica yang memiliki pandangan berbeda dalam hidup.

Sampai perkenalannya dengan Sean Parker (Justin Timberlake) sang pencipta Napster yang akhirnya mengubah thefacebook menjadi facebook. Dengan tagline film, You Don’t Get To 500 Million Friends Without Making A Few Enemies.


Kaitan Antara Manajemen Pemasaran dengan Film "The Social Network" 
Adanya strategi dalam pemasaran Facebook merupakan salah satu unsur yang sangat kentara dalam Film ini. The Social Network menjabarkan bagaimana Mark Zuckerberg melakukan inovasi inovasi agar facebook selalu berkembang dengan lebih dinamis dan diterima oleh para pengguna internet. Dalam menjalankan Bisnisnya, Mark juga hanya memilih rekan kerja yang memiliki satu tujuan dan menguntungkan demi kelangsungan bisnisnya.
Dan satu lagi pelajaran yang dapat diambil dari film ini adalah betapa pentingnya kita memiliki hak cipta karena tanpa adanya hak cipta produk yang telah kita buat dapat dengan mudahnya di duplikat oleh orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar